RINGKASAN CMS E-COMMERCE
PENGANTAR
WEB SCIENCE
DI
SUSUN OLEH :
RABI
ZARI ANDREA (51420020)
Teknik
Informatika
Universitas
Gunadarma
2022
RINGKASAN
CMS
DEFINISI CMS ECOMMERCE
CMS
Ecommerce adalah sistem atau tool yang memungkinkan pemilik toko e-commerce
untuk membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten situs web digital tanpa
harus menulis kode apa pun. CMS sendiri merupakan singkatan dari Content
Management System. Sistem ini juga memungkinkan penggunanya untuk dapat
mengubah tampilan atau nuansa toko onlinenya. Contohnya seperti mengubah tata
letak halaman produk, membuat banner untuk promosi, atau menambahkan bagian
baru di halaman website untuk promosi yang lebih baik.
CMS Ecommerce sendiri tersedia dalam dua
kategori utama, yaitu:
1. SaaS
CMS
SaaS adalah solusi berbasis cloud untuk toko Ecommerce yang tidak
memerlukan server terpisah. Ketika menggunakan jenis CMS ini, Anda tidak perlu
mengunduh sistem, mengelola pembaruan, atau menyiapkan tempat penyimpanan data
karena software vendor yang akan menyiapkannya untuk Anda. Untuk menggunakan
CMS SaaS ini, Anda perlu membayar biaya berlangganan.
2. Open source
Ketika
menggunakan Open source CMS ini, maka Anda memiliki kontrol penuh atas
fungsionalitas web ecommerce Anda. Software open source dapat diunduh secara
gratis dan Anda dapat meng-hostingnya sendiri. Itu artinya, Anda perlu mencari
hosting, memelihara server, dan menginstal pembaruan software ketika
diperlukan.
7 CMS Ecommerce Terbaik untuk
Mengembangkan Toko Online
1. Shopify
Shopify
merupakan salah satu CMS Ecommerce SaaS yang populer dan dikenal oleh banyak
orang. CMS ini sering dipergunakan oleh pemilik bisnis online kecil atau pemula
karena menyediakan antar muka yang sederhana dengan harga yang terjangkau.
Selain itu, Shopify juga dapat menjadi solusi terbaik bagi pemilik bisnis yang
tidak mempunyai pengetahuan teknis dan tidak mampu menyewa tim developer
sendiri. Meskipun demikian, fitur yang disediakan oleh Shopify cukup beragam
tergantung pada jenis paket yang Anda pilih sehingga dapat dipergunakan oleh
bisnis besar sekalipun.
Kelebihan
Shopify:
1)
Cepat
dan mudah digunakan
2)
Tidak
membutuhkan keahlian teknis
3)
Aman
dan terpercaya
4)
Layanan
24/7
5)
Mobile
friendly
2. Magento
Magento
adalah CMS Ecommerce berbasis open source. CMS ini menawarkan berbagai
fungsionalitas yang menarik mulai dari fitur pemasaran, search engine
optimization, manajemen katalog, chatbots, dan masih banyak lagi. Selain itu,
Magento juga menawarkan fleksibilitas bagi para penggunanya. Anda dapat
merencanakan untuk membangun ecommerce besar ataupun kecil dengan CMS ini.
Meskipun
dapat digunakan oleh berbagai skala bisnis, Magento sering menjadi pilihan bagi
perusahaan-perusahaan besar yang mampu menyewa tim developer sendiri. Hal
tersebut dikarenakan Magento membutuhkan pemahaman teknis tentang pengembangan
website.
Kelebihan
Magento:
1)
Open
source dan gratis
2)
Mobile
friendly
3)
SEO
friendly
4)
Customizable
5)
Powerfull
3. WooCommerce
CMS
ecommerce yang selanjutnya adalah Woocommerce. Pada dasarnya, Woocommerce
merupakan plugin WordPress berbasis open source yang dipergunakan untuk
membangun toko online. Sama seperti WordPress, CMS plugin ini juga memiliki
tampilan yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan.
WooCommerce
termasuk salah satu CMS ecommerce yang customizable. Anda dapat menambahkan
berbagai fitur ataupun ekstensi untuk meningkatkan fungsionalitas toko online
Anda. Jika Anda membangun toko online menggunakan WordPress, maka WooCommerce
bisa menjadi solusi tepat untuk Anda.
Kelebihan
WooCommerce:
1)
Open
source dan gratis
2)
Customizable
3)
SEO
friendly
4)
Terjangkau
dan fleksibel
5)
Aman
digunakan
4. BigCommerce
BigCommerce
adalah hosted platform yang memungkinkan Anda untuk menjual produk secara
online melalui website. Jika Anda memilih untuk menggunakan BigCommerce, maka
Anda tidak perlu mengunduh dan menyediakan tempat menyimpan apapun karena CMS
ecommerce ini merupakan jenis CMS SaaS.
BigCommerce
memiliki berbagai fitur yang berguna bagi toko online Anda. Beberapa
diantaranya adalah alat untuk mengelola pengiriman dan pembayaran, optimasi
untuk search engine atau SEO, terintegrasi dengan
Amazon, eBay, atau situs media sosial, dan lain-lain. Sama seperti Shopify,
BigCommerce juga menawarkan paket yang fleksibel. Jadi baik bisnis kecil,
menengah, ataupun besar dapat memilih layanan paket yang paling sesuai dengan
kebutuhan mereka.
Kelebihan
BigCommerce:
1)
Mobile
friendly
2)
Layanan
24/7
3)
SEO
friendly
4)
Pengaturan
yang cepat
5)
Mudah
digunakan
5. OpenCart
OpenCart
merupakan CMS ecommerce open source yang menawarkan beragam template dan plugin
untuk pengaturan toko online yang cepat. CMS ini termasuk platform yang ringan
dan sederhana sehingga sering digunakan oleh pemula atau bisnis berskala kecil.
Meskipun demikian, OpenCart memiliki performa yang cukup baik dan terintegrasi
dengan lebih dari 20 gateway pembayaran serta delapan metode pengiriman.
Kelebihan
OpenCart:
1)
Open
source dan gratis
2)
Menawarkan
platform CMS yang ringan dan cepat
3)
Memiliki
banyak ekstensi dan modul pihak ketiga
6. PrestaShop
Prestashop
adalah CMS open source dengan manajemen data MySQL dan memungkinkan untuk
penyesuaian kode backend yang luas. Jika Anda ingin mengembangkan toko online
dari awal, maka PrestaShop dapat Anda pergunakan.
Pada
dasarnya, PrestaShop cukup mudah untuk digunakan dan diinstal. Meskipun
demikian perlu Anda ketahui bahwa untuk mengatur PrestaShop ini, Anda akan
membutuhkan sedikit pemahaman terkait pengembangan website.
PrestaShop
menyediakan berbagai fitur yang berguna bagi sebuah bisnis. Beberapa
diantaranya seperti fitur pengaturan SEO, konfigurasi untuk pengiriman atau
shipping, dan bahkan fitur untuk menangani pajak produk.
Kelebihan
PrestaShop:
1)
Open
source dan gratis
2)
Back-end
yang fleksibel dan mudah dikelola
3)
Menyediakan
beragam opsi payment gateaway
7. AbanteCart
AbanteCart
memungkinkan Anda untuk membuat situs ecommerce untuk menawarkan produk maupun
layanan Anda. Melalui platform ini, Anda dapat mengelola beberapa toko dalam satu
panel dan memastikan situs Anda dapat bekerja dengan baik pada perangkat
seluler ataupun tablet. CMS ecommerce ini bersifat open source serta
menyediakan beragam fitur yang berguna seperti menyediakan beragam tema,
memiliki fitur untuk shipping/pengiriman, dan lain-lain.
Kelebihan
AbanteCart:
1)
Open
source dan gratis
2)
Menyediakan
fitur untuk mengelola dan mengkategorikan produk
3)
Memiliki
fitur untuk manajemen pemasaran
1.Fitur pada Shopee
Gratis Ongkir
Fitur ini
merupakan salah satu layanan yang diandalkan dari Shopee. Adanya program gratis
ongkir ini memang memudahkan penjual dan pembeli di marketplace ini. Penjual di
Shopee bisa mendaftarkan tokonya dengan fitur gratis ongkir dengan cara sangat
mudah. Jika pada pengaktifan fitur gratis ongkir ini sudah disetujui, pada
postingan produk akan muncul tulisan Gratis Ongkir.
Cashback dan Voucher
Fitur ini
memberikan potongan harga saat pembelian. Perlu diketahui bahwa Cashback di
Shopee ada dua jenis, yaitu dalam bentuk Shopee Pay dan dalam bentuk Shopee
Koin. Dua-duanya bisa digunakan untuk pemotongan harga belanja selanjutnya.
Untuk mendapatkan fitur cashback Shopee ini cukup dilakukan klaim pada saat
penawaran dan saat melakukan check out pengguna memasukan voucher tersebut
sebelum menyetujui pembayaran.
Shopee Koin dan Shopee Pay
Berhubungan
dengan fitur sebelumnya, shopee memiliki Shopee Pay dan Shopee Koin yang bisa
digunakan untuk metode pembayaran. Shopee Pay merupakan uang elektronik yang
dimiliki oleh Shopee dan dapat digunakan untuk berbagai transaksi. Shopee Pay
juga bisa dikirim dari dan ke rekening bank. Tidak hanya itu, ada beberapa toko
yang uang memberikan diskon khusus dengan pemakaian Shopee Pay, sehingga
pengguna bisa belanja dengan lebih mudah dan cepat. Sedangkan, Shopee Koin merupakan
sebuah reward pada saat mendapatkan voucher cashback atau saat bermain Shopee
Game.
Layanan C.O.D. (Cash on Demand )
Cash on
Demand atau yang biasanya dikenal dengan COD merupakan fitur dimana bisa
melakukan pembayaran di tempat saat barang sampai. Shopee bekerja sama dengan
perusahaan pengiriman ekspedisi dari JNT untuk menjalankan layanan ini. Cara
menggunakannya, yaitu saat check out pilih option Bayar di Tempat pada pilihan
pembayaran.
Shopee Game
Fitur ini
menyediakan berbagai jenis game yang bisa dimainkan di Shopee. Ada banyak
pilihan Game-nya, mulai dari Goyang Shopee, Shopee Tanam, Shopee Candy, Shopee
Lempar, Shopee Potong, Shopee Goyang Jari, Shopee Poli, hingga yang terbaru
Shopee Link. Dengan memainkan game-game tersebut, Anda bisa mendapatkan koin
untuk potongan harga saat berbelanja.
2.Fitur pada Bukalapak
Fitur
Notifikasi SMS
Fitur Notifikasi SMS ini adalah salah satu
favorit saya. Melalui fitur ini, kita bisa lebih mudah memantau lapak kita.
Jika ada chat dari pembeli dan buyer yang mengeklik produk di lapak kita, juga
akan langsung masuk melalui notifikasi SMS ini. Mungkin para pelapak sangat
terbantu dengan adanya fitur ini. Saya pun juga merasa terbantu dengan adanya
fitur ini karena saya tidak perlu always on selalu online di
lapak kita. Kan pastinya gadget kita ataupun PC kita tidak mungkin selalu on
terus karena baterainya juga pasti akan habis. Maka dari itu, dengan adanya
fitur ini kita sangat terbantu sekali.
Fitur
Quick Buy
Fitur Quick Buy ini sangat layak digunakan.
Selain mudah, fitur ini mempunyai keistimewaan, yaitu membeli barang di
Bukalapak tanpa registrasi. Saya selain jualan juga pernah mencoba fitur ini.
Bagi yang nggak mau ribet daftar akun Bukalapak ,bisa di coba fitur Quick Buy
ini, mungkin para pembeli juga banyak yang menggunakan fitur ini. Menurut saya,
fitur Quick Buy ini sangat instan sekali karena tanpa daftar, kita bisa
langsung membeli barang yang ada di Bukalapak tanpa repot-repot. Supaya lebih
jelas, saya ilustrasikan di bawah ini.
Aturan
Peringatan & Pembekuan Lapak
Kini Aturan Peringatan dan Pembekuan Lapak
mengalami perubahan. Jika sebelumnya jumlah pesanan diabaikan tidak lebih dari
3 pesanan dan persentase diabaikan tidak lebih dari 10%, di kebijakan baru ini
jumlah pesanan diabaikan tidak lebih dari 2 dan jumlah persentase tidak lebih
dari 10%.
Kumpulink Cashback Program
Kumpulink Cashback Program hadir menyajikan
cashback yang menguntungkan untuk Teman-teman Pelapak pengguna fitur Kumpulink.
Nikmati kemudahan promosi dengan membuat halaman yang berisi kumpulan link
produk secara custom di aplikasi Bukalapak dan membagikannya kepada calon
pembeli.
3.Fitur pada JD.ID
Pencarian Produk
Pencarian
Produk adalah fitur toko online yang berfungsi membantu User untuk mencari
barang yang diinginkan dengan mudah.
Lyla ( Customer Service Virtual Assistant )
Fitur
“Lyla” menggabungkan kecanggihan teknologi digital dengan system otomatisasi
& bantuan manusia untuk membangun sebuah fitur dengan kecerdasan artifisial
(artificial intelligence) yang bekerja mandiri sehingga memungkinkan pengguna
untuk dapat menemukana jawaban dan menyelesaikan kendala-nya sendiri dengan
bantuan system.
Nearby Shop
Melalui
Fitur ini pelanggan dapat dengan mudah mengunjungi dan berbelanja barang
kebutuhan mereka di berbagai toko yang lokasinya paling dekat dengan tempat
tinggal. Selain itu, dengan fitur ini menjadikan batas jarak dan waktu tempuh
antara lokasi toko Alfamart dan tempat tinggal pelanggan semakin dekat dan
singkat.
Melalui
Kolaborasi JD.ID dan Alfamart, Pelanggan dapat dengan mudah mengunjungi dan
berbelanja barang kebutuhan mereka di toko-toko Alfamart terdekat yang dapat di
akses langsung melalui situs web dan aplikasi JD.ID sehingga pesanan para
pelanggan tersebut akan langsung dikirimkan oleh kurir dengan waktu pengiriman
yang instant.
4.Fitur
pada OLX
Verified
Member
Untuk
meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap penjual, OLX.co.id menawarkan pilihan
untuk
menjadi verified member sehingga data identitas jelas keberadaanya OLX.co.id
akan
mengirimkan
surat berisi kode verifikasi akun ke alamat pengguna dan setelah proses
verifikasi
dilakukan, pengguna berhasil menjadi verified member. Hal ini diperlukan untuk
menjamin
transaksi yang lebih aman bagi pembeli.
Promo Point
Pengguna
yang sudah menjadi verified member dapat mempromosikan iklan mereka untuk
menarik
lebih banyak pengunjung sehingga bisa lebih meningkatkan penjualan.
Berbagi Iklan
OLX.co.id
sudah dilengkapi dengan fitur Publish atau Share yang memungkinkan
penggunanya
untuk berbagi iklan ke situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter.
Chart
OLX.co.id
juga menyediakan fitur Chart menunjukkan grafik statistik iklan sehingga
pengguna
atau
pengunjung bisa mengetahui iklan mana yang paling banyak dikunjungi.
Toko Saya
Setiap
anggota OLX.co.id akan memiliki toko online sendiri yang disebut Toko saya
dengan
nama yang
mereka pilih sendiri, misalnya http://www.olx.co.id/users/namatoko seperti itu
Anda bisa
menambahkan gambar logo, mengatur tema warna, menuliskan deskripsi toko,
serta menentukan
aturan yang berlaku di toko dan masih banyak lagi update terbarunya.
5.Fitur
pada Lazada
Brand Mega
Fitur ini menyediakan beragam promo menarik dari
brand-brand ternama yang setiap harinya bisa direfresh setiap 4 jam sekali. Tak
hanya itu, pada fitur ini pelanggan juga bisa menyaksikan live streaming dan
juga influencer-influencer yang memasarkan produk suatu brand.
Brands
for you
Dengan fitur ini, LazMall bisa
merekomendasikan barang sesuai dengan history belanja konsumen.
Brand directory
Fitur ini memungkinkan pelanggan
dapat dengan mudah menemukan barang dari brand favorit. Terakhir, LazMall
membekali fitur mini Instagram yaitu LazMall Follow agar konsumen bisa
mendapatkan info-info terbaru soal LazMall seperti promo atau barang-barang
baru.
KESIMPULAN
Dengan adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah
WebSite akan memberikan suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas
dan fleksibiltas dari Web Site tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan
pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen, dimana
kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk-produk secara berkala dan
berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan penting dalam
tercapainya target pemasaran.
https://www.logique.co.id/blog/2021/06/23/cms-ecommerce/
https://exrush.com/fitur-fitur-terbaik-yang-dimiliki-oleh-shopee/
https://komunitas.bukalapak.com/news/68645-buka-opini-fitur-fitur-keren-di-bukalapak
Komentar
Posting Komentar