RINGKASAN CMS E-COMMERCE

 

PENGANTAR WEB SCIENCE



DI SUSUN OLEH :

RABI ZARI ANDREA (51420020)

 

Teknik Informatika

Universitas Gunadarma

2022

 

 

RINGKASAN CMS

 

DEFINISI CMS ECOMMERCE

            CMS Ecommerce adalah sistem atau tool yang memungkinkan pemilik toko e-commerce untuk membuat, mengedit, dan mempublikasikan konten situs web digital tanpa harus menulis kode apa pun. CMS sendiri merupakan singkatan dari Content Management System. Sistem ini juga memungkinkan penggunanya untuk dapat mengubah tampilan atau nuansa toko onlinenya. Contohnya seperti mengubah tata letak halaman produk, membuat banner untuk promosi, atau menambahkan bagian baru di halaman website untuk promosi yang lebih baik.

CMS Ecommerce sendiri tersedia dalam dua kategori utama, yaitu:

1. SaaS

CMS SaaS  adalah solusi berbasis cloud untuk toko Ecommerce yang tidak memerlukan server terpisah. Ketika menggunakan jenis CMS ini, Anda tidak perlu mengunduh sistem, mengelola pembaruan, atau menyiapkan tempat penyimpanan data karena software vendor yang akan menyiapkannya untuk Anda. Untuk menggunakan CMS SaaS ini, Anda perlu membayar biaya berlangganan. 

2. Open source

Ketika menggunakan Open source CMS ini, maka Anda memiliki kontrol penuh atas fungsionalitas web ecommerce Anda. Software open source dapat diunduh secara gratis dan Anda dapat meng-hostingnya sendiri. Itu artinya, Anda perlu mencari hosting, memelihara server, dan menginstal pembaruan software ketika diperlukan.

 

7 CMS Ecommerce Terbaik untuk Mengembangkan Toko Online

1. Shopify

Shopify merupakan salah satu CMS Ecommerce SaaS yang populer dan dikenal oleh banyak orang. CMS ini sering dipergunakan oleh pemilik bisnis online kecil atau pemula karena menyediakan antar muka yang sederhana dengan harga yang terjangkau. Selain itu, Shopify juga dapat menjadi solusi terbaik bagi pemilik bisnis yang tidak mempunyai pengetahuan teknis dan tidak mampu menyewa tim developer sendiri. Meskipun demikian, fitur yang disediakan oleh Shopify cukup beragam tergantung pada jenis paket yang Anda pilih sehingga dapat dipergunakan oleh bisnis besar sekalipun.

Kelebihan Shopify:

1)      Cepat dan mudah digunakan

2)      Tidak membutuhkan keahlian teknis

3)      Aman dan terpercaya

4)      Layanan 24/7

5)      Mobile friendly

 

 

2. Magento

Magento adalah CMS Ecommerce berbasis open source. CMS ini menawarkan berbagai fungsionalitas yang menarik mulai dari fitur pemasaran, search engine optimization, manajemen katalog, chatbots, dan masih banyak lagi. Selain itu, Magento juga menawarkan fleksibilitas bagi para penggunanya. Anda dapat merencanakan untuk membangun ecommerce besar ataupun kecil dengan CMS ini.

Meskipun dapat digunakan oleh berbagai skala bisnis, Magento sering menjadi pilihan bagi perusahaan-perusahaan besar yang mampu menyewa tim developer sendiri. Hal tersebut dikarenakan Magento membutuhkan pemahaman teknis tentang pengembangan website.

Kelebihan Magento:

1)      Open source dan gratis

2)      Mobile friendly

3)      SEO friendly

4)      Customizable

5)      Powerfull

 

3. WooCommerce

CMS ecommerce yang selanjutnya adalah Woocommerce. Pada dasarnya, Woocommerce merupakan plugin WordPress berbasis open source yang dipergunakan untuk membangun toko online. Sama seperti WordPress, CMS plugin ini juga memiliki tampilan yang sederhana sehingga mudah untuk digunakan.

WooCommerce termasuk salah satu CMS ecommerce yang customizable. Anda dapat menambahkan berbagai fitur ataupun ekstensi untuk meningkatkan fungsionalitas toko online Anda. Jika Anda membangun toko online menggunakan WordPress, maka WooCommerce bisa menjadi solusi tepat untuk Anda.

 Kelebihan WooCommerce:

1)      Open source dan gratis

2)      Customizable

3)      SEO friendly

4)      Terjangkau dan fleksibel

5)      Aman digunakan

 

4. BigCommerce

BigCommerce adalah hosted platform yang memungkinkan Anda untuk menjual produk secara online melalui website. Jika Anda memilih untuk menggunakan BigCommerce, maka Anda tidak perlu mengunduh dan menyediakan tempat menyimpan apapun karena CMS ecommerce ini merupakan jenis CMS SaaS.

BigCommerce memiliki berbagai fitur yang berguna bagi toko online Anda. Beberapa diantaranya adalah alat untuk mengelola pengiriman dan pembayaran, optimasi untuk search engine atau SEO, terintegrasi dengan Amazon, eBay, atau situs media sosial, dan lain-lain. Sama seperti Shopify, BigCommerce juga menawarkan paket yang fleksibel. Jadi baik bisnis kecil, menengah, ataupun besar dapat memilih layanan paket yang paling sesuai dengan kebutuhan mereka. 

 

Kelebihan BigCommerce:

1)      Mobile friendly

2)      Layanan 24/7

3)      SEO friendly

4)      Pengaturan yang cepat

5)      Mudah digunakan

 

5. OpenCart

OpenCart merupakan CMS ecommerce open source yang menawarkan beragam template dan plugin untuk pengaturan toko online yang cepat. CMS ini termasuk platform yang ringan dan sederhana sehingga sering digunakan oleh pemula atau bisnis berskala kecil. Meskipun demikian, OpenCart memiliki performa yang cukup baik dan terintegrasi dengan lebih dari 20 gateway pembayaran serta delapan metode pengiriman.

Kelebihan OpenCart:

1)      Open source dan gratis

2)      Menawarkan platform CMS yang ringan dan cepat

3)      Memiliki banyak ekstensi dan modul pihak ketiga

 

6. PrestaShop

Prestashop adalah CMS open source dengan manajemen data MySQL dan memungkinkan untuk penyesuaian kode backend yang luas. Jika Anda ingin mengembangkan toko online dari awal, maka PrestaShop dapat Anda pergunakan.

Pada dasarnya, PrestaShop cukup mudah untuk digunakan dan diinstal. Meskipun demikian perlu Anda ketahui bahwa untuk mengatur PrestaShop ini, Anda akan membutuhkan sedikit pemahaman terkait pengembangan website.

PrestaShop menyediakan berbagai fitur yang berguna bagi sebuah bisnis. Beberapa diantaranya seperti fitur pengaturan SEO, konfigurasi untuk pengiriman atau shipping, dan bahkan fitur untuk menangani pajak produk.

Kelebihan PrestaShop:

1)      Open source dan gratis

2)      Back-end yang fleksibel dan mudah dikelola

3)      Menyediakan beragam opsi payment gateaway

 

 

7. AbanteCart 

AbanteCart memungkinkan Anda untuk membuat situs ecommerce untuk menawarkan produk maupun layanan Anda. Melalui platform ini, Anda dapat mengelola beberapa toko dalam satu panel dan memastikan situs Anda dapat bekerja dengan baik pada perangkat seluler ataupun tablet. CMS ecommerce ini bersifat open source serta menyediakan beragam fitur yang berguna seperti menyediakan beragam tema, memiliki fitur untuk shipping/pengiriman, dan lain-lain.

Kelebihan AbanteCart:

1)      Open source dan gratis

2)      Menyediakan fitur untuk mengelola dan mengkategorikan produk

3)      Memiliki fitur untuk manajemen pemasaran

 

1.Fitur pada Shopee

Gratis Ongkir

Fitur ini merupakan salah satu layanan yang diandalkan dari Shopee. Adanya program gratis ongkir ini memang memudahkan penjual dan pembeli di marketplace ini. Penjual di Shopee bisa mendaftarkan tokonya dengan fitur gratis ongkir dengan cara sangat mudah. Jika pada pengaktifan fitur gratis ongkir ini sudah disetujui, pada postingan produk akan muncul tulisan Gratis Ongkir.

Cashback dan Voucher

Fitur ini memberikan potongan harga saat pembelian. Perlu diketahui bahwa Cashback di Shopee ada dua jenis, yaitu dalam bentuk Shopee Pay dan dalam bentuk Shopee Koin. Dua-duanya bisa digunakan untuk pemotongan harga belanja selanjutnya. Untuk mendapatkan fitur cashback Shopee ini cukup dilakukan klaim pada saat penawaran dan saat melakukan check out pengguna memasukan voucher tersebut sebelum menyetujui pembayaran.

Shopee Koin dan Shopee Pay

Berhubungan dengan fitur sebelumnya, shopee memiliki Shopee Pay dan Shopee Koin yang bisa digunakan untuk metode pembayaran. Shopee Pay merupakan uang elektronik yang dimiliki oleh Shopee dan dapat digunakan untuk berbagai transaksi. Shopee Pay juga bisa dikirim dari dan ke rekening bank. Tidak hanya itu, ada beberapa toko yang uang memberikan diskon khusus dengan pemakaian Shopee Pay, sehingga pengguna bisa belanja dengan lebih mudah dan cepat. Sedangkan, Shopee Koin merupakan sebuah reward pada saat mendapatkan voucher cashback atau saat bermain Shopee Game.

Layanan C.O.D. (Cash on Demand )

Cash on Demand atau yang biasanya dikenal dengan COD merupakan fitur dimana bisa melakukan pembayaran di tempat saat barang sampai. Shopee bekerja sama dengan perusahaan pengiriman ekspedisi dari JNT untuk menjalankan layanan ini. Cara menggunakannya, yaitu saat check out pilih option Bayar di Tempat pada pilihan pembayaran.

Shopee Game

Fitur ini menyediakan berbagai jenis game yang bisa dimainkan di Shopee. Ada banyak pilihan Game-nya, mulai dari Goyang Shopee, Shopee Tanam, Shopee Candy, Shopee Lempar, Shopee Potong, Shopee Goyang Jari, Shopee Poli, hingga yang terbaru Shopee Link. Dengan memainkan game-game tersebut, Anda bisa mendapatkan koin untuk potongan harga saat berbelanja.

 

2.Fitur pada Bukalapak

Fitur Notifikasi SMS

Fitur Notifikasi SMS ini adalah salah satu favorit saya. Melalui fitur ini, kita bisa lebih mudah memantau lapak kita. Jika ada chat dari pembeli dan buyer yang mengeklik produk di lapak kita, juga akan langsung masuk melalui notifikasi SMS ini. Mungkin para pelapak sangat terbantu dengan adanya fitur ini. Saya pun juga merasa terbantu dengan adanya fitur ini karena saya tidak perlu always on selalu online di lapak kita. Kan pastinya gadget kita ataupun PC kita tidak mungkin selalu on terus karena baterainya juga pasti akan habis. Maka dari itu, dengan adanya fitur ini kita sangat terbantu sekali.

Fitur Quick Buy

Fitur Quick Buy ini sangat layak digunakan. Selain mudah, fitur ini mempunyai keistimewaan,  yaitu membeli barang di Bukalapak tanpa registrasi. Saya selain jualan juga pernah mencoba fitur ini. Bagi yang nggak mau ribet daftar akun Bukalapak ,bisa di coba fitur Quick Buy ini, mungkin para pembeli juga banyak yang menggunakan fitur ini. Menurut saya, fitur Quick Buy ini sangat instan sekali karena tanpa daftar, kita bisa langsung membeli barang yang ada di Bukalapak tanpa repot-repot. Supaya lebih jelas, saya ilustrasikan di bawah ini.

Aturan Peringatan & Pembekuan Lapak

Kini Aturan Peringatan dan Pembekuan Lapak mengalami perubahan. Jika sebelumnya jumlah pesanan diabaikan tidak lebih dari 3 pesanan dan persentase diabaikan tidak lebih dari 10%, di kebijakan baru ini jumlah pesanan diabaikan tidak lebih dari 2 dan jumlah persentase tidak lebih dari 10%. 

 Kumpulink Cashback Program

Kumpulink Cashback Program hadir menyajikan cashback yang menguntungkan untuk Teman-teman Pelapak pengguna fitur Kumpulink. Nikmati kemudahan promosi dengan membuat halaman yang berisi kumpulan link produk secara custom di aplikasi Bukalapak dan membagikannya kepada calon pembeli. 

 

3.Fitur pada JD.ID

Pencarian Produk

Pencarian Produk adalah fitur toko online yang berfungsi membantu User untuk mencari barang yang diinginkan dengan mudah.

Lyla ( Customer Service Virtual Assistant )

Fitur “Lyla” menggabungkan kecanggihan teknologi digital dengan system otomatisasi & bantuan manusia untuk membangun sebuah fitur dengan kecerdasan artifisial (artificial intelligence) yang bekerja mandiri sehingga memungkinkan pengguna untuk dapat menemukana jawaban dan menyelesaikan kendala-nya sendiri dengan bantuan system.

Nearby Shop

Melalui Fitur ini pelanggan dapat dengan mudah mengunjungi dan berbelanja barang kebutuhan mereka di berbagai toko yang lokasinya paling dekat dengan tempat tinggal. Selain itu, dengan fitur ini menjadikan batas jarak dan waktu tempuh antara lokasi toko Alfamart dan tempat tinggal pelanggan semakin dekat dan singkat.

Melalui Kolaborasi JD.ID dan Alfamart, Pelanggan dapat dengan mudah mengunjungi dan berbelanja barang kebutuhan mereka di toko-toko Alfamart terdekat yang dapat di akses langsung melalui situs web dan aplikasi JD.ID sehingga pesanan para pelanggan tersebut akan langsung dikirimkan oleh kurir dengan waktu pengiriman yang instant. 

 

4.Fitur pada OLX

Verified Member

Untuk meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap penjual, OLX.co.id menawarkan pilihan

untuk menjadi verified member sehingga data identitas jelas keberadaanya OLX.co.id akan

mengirimkan surat berisi kode verifikasi akun ke alamat pengguna dan setelah proses

verifikasi dilakukan, pengguna berhasil menjadi verified member. Hal ini diperlukan untuk

menjamin transaksi yang lebih aman bagi pembeli.

Promo Point

Pengguna yang sudah menjadi verified member dapat mempromosikan iklan mereka untuk

menarik lebih banyak pengunjung sehingga bisa lebih meningkatkan penjualan.

Berbagi Iklan

OLX.co.id sudah dilengkapi dengan fitur Publish atau Share yang memungkinkan

penggunanya untuk berbagi iklan ke situs jejaring sosial seperti Facebook atau Twitter.

Chart

OLX.co.id juga menyediakan fitur Chart menunjukkan grafik statistik iklan sehingga pengguna

atau pengunjung bisa mengetahui iklan mana yang paling banyak dikunjungi.

Toko Saya

Setiap anggota OLX.co.id akan memiliki toko online sendiri yang disebut Toko saya dengan

nama yang mereka pilih sendiri, misalnya http://www.olx.co.id/users/namatoko seperti itu

Anda bisa menambahkan gambar logo, mengatur tema warna, menuliskan deskripsi toko,

serta menentukan aturan yang berlaku di toko dan masih banyak lagi update terbarunya.

 

5.Fitur pada Lazada

Brand Mega

Fitur ini menyediakan beragam promo menarik dari brand-brand ternama yang setiap harinya bisa direfresh setiap 4 jam sekali. Tak hanya itu, pada fitur ini pelanggan juga bisa menyaksikan live streaming dan juga influencer-influencer yang memasarkan produk suatu brand.


Brands for you

Dengan fitur ini, LazMall bisa merekomendasikan barang sesuai dengan history belanja konsumen.

Brand directory

Fitur ini memungkinkan pelanggan dapat dengan mudah menemukan barang dari brand favorit. Terakhir, LazMall membekali fitur mini Instagram yaitu LazMall Follow agar konsumen bisa mendapatkan info-info terbaru soal LazMall seperti promo atau barang-barang baru.

 


KESIMPULAN

Dengan adanya CMS yang terintegrasi dengan sebuah WebSite akan memberikan suatu nilai lebih yang akan meningkatkan fungsionalitas dan fleksibiltas dari Web Site tersebut, terlebih pada WebSite yang tujuan pemanfaatannya sebagai media promosi dan membangun citra konsumen, dimana kontinuitas dan inovasi dalam pemasaran produk-produk secara berkala dan berkesinambungan sebagai suatu hal yang memegang peranan penting dalam tercapainya target pemasaran.

 

 

 

 

 

 REFERENSI

https://www.logique.co.id/blog/2021/06/23/cms-ecommerce/

https://exrush.com/fitur-fitur-terbaik-yang-dimiliki-oleh-shopee/

https://komunitas.bukalapak.com/news/68645-buka-opini-fitur-fitur-keren-di-bukalapak

https://pressrelease.kontan.co.id/release/belanja-mudah-lengkap-dan-instan-dengan-fitur-terbaru-jdid-nearby-shops?page=all

https://help.olx.co.id

https://inet.detik.com/cyberlife/d-5186557/lazada-tambah-5-fitur-baru-di-lazmall-pilihan-belanja-lebih-relavan

 

 



 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REGULASI DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA

Perkembangan Bisnis Informatika dari Perusahaan Nasional dan Perusahaan Internasional (Indomaret, Mandiri, Shopee, & Moonton)

MAKALAH SYSTEM DEVELOPMENT LIFE CYCLE (SLDC)