MAKALAH ANALISIS 5 TOKO ONLINE
ANALISIS WEBSITE TOKO
ONLINE SHOPEE, LAZADA, JD.ID, BUKALAPAK DAN TOKOPEDIA
MENURUT “PARA
KONSUMEN”
RABI ZARI ANDREA
PRODI TEKNIK
INFORMATIKA
ABSTRAK
Paper ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis toko
online berdasarkan para konsumen yang menggunakan website toko online ini.
Penelitian ini membandingkan lima website dari lima toko online yaitu website
toko online Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak dan Tokopedia. Hasilnya didapatkan
bahwa Tokopedia lebih banyak memiliki konsumen dibandingkan dengan website toko
online Shopee, Lazada, JD.ID dan Bukalapak.
PENDAHULUAN
Dalam
mengembangkan suatu website, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar
situs tersebut dapat menarik perhatian pengunjung. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, dimana internet sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, semakin banyak pula situs-situs yang bermunculan dalam dunia internet. Untuk menarik perhatian pengunjung, website yang
baik sangat diperlukan. Dengan website yang
baik, tidak hanya dapat menarik pengunjung
saja, tetapi pengunjung juga dapat merespon
tujuan dari website tersebut dan mau
mengunjunginya kembali.
Masing ± masing individu maupun sebuah
organisasi mempunyai latar belakang yang beranekaragam dalam menggunakan internet
sebagai media bisnisnya, namun latar belakang yang lazim umumnya adalah sebagai
berikut ini:
a. Kebutuhan transaksi pada umumnya didorong untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Situs E-Commerce digunakan untuk melakukan pengenalan produk dengan jangkauan
yang lebih luas, tanpa batasan ruang dan waktu.
b. Kondisi social, Ekonomi, dan Demografi /Lokasi. Diciptakan untuk melayani
pasar dengan kondisi demografi / lokasi di wilayah tertentu (boarderless). Dengan
adanya E-Commerce penjual lebih mudah untuk mengenalkan berbagai produk dan
berbagai penawaran yang menarik. Semakin hari semakin banyak website ± website
E-Commerce yang bermunculan, termasuk dalam pembelian buku secara online. Akan
tetapi semakin maraknya E-Commerce tidak merubah perilaku masayarakat dalam pencarian
produk yang akan dibelinya, mereka lebih suka mencari melalui search engine
dengan mengetikkan sebuah kalimat yang familiar bagi mereka ketimbang
mengetikkan situs website ± website E-Commerce tersebut kedalam URL pada sebuah
browser. Dengan latar belakang tersebut maka dilakukan sebuah penelitian mengenai
seberapa sering user (Masyarakat) mengakses sebuah website yang berbasis
E-Commers dan seberapa mengenalnya mereka dengan website tersebut yang dimana
pada studi kasus website www.tokopedia.com. Website www.tokopedia.com adalah
sebuah website E- commerce yang menjual bermacam-macam produk, website tersebut
sudah berjalan beberapa tahun ini pada kuartal III di tahun 2020 mengalami penurunan
dari segi angka penjualan dan juga jumlah pengunjung website tersebut. Maka
dengan adanya permasalahan tersebut kami mencoba menganalisis website tersebut
sehingga hasil analisa bisa dijadikan patokan keputusan untuk menaikkan
penjualan serta pengunjung.
TUJUAN PENELITIAN
Mengetahui seberapa banyaknya
masyarakat yang menggunakan website toko online Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak
dan Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dari segi banyaknya
kunjungan.
MANFAAT
PENELITIAN
Membantu para konsumen untuk menganalisa
sebuah produk kebutuhan yang terdapat di website toko online supaya bisa
menjadi lebih baik.
RUMUSAN MASALAH
Bagaimana
menganalisa untuk mengetahui seberapa mengenalnya masyarakat dengan
website toko online Shopee, Lazada,
JD.ID, Bukalapak dan Tokopedia dari segi pencarian dan
juga jumlah pengunjung
website tersbut?
HASIL DAN
PEMBAHASAN
Website toko
online yaitu Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak dan
Tokopedia merupakan
salah website e-commerce yang dimana
website tersebut memfasilitasi atau menjual
banyak
kebutuhan masyarakat. Dengan banyaknya website e-commerce yang
menjual kebutuhan masyarakat maka semakin
berat juga
persaingan antar website
tersebut, maka
penganalisaan melalui alexarank
dan pagerank
bisa diketahui sepopuler apakah website Shopee,
Lazada, JD.ID, Bukalapak dan Tokopedia tersebut.
Gambar 1.2 Alexa rank dari www.shopee.com berdasarkan jumlah pengunjung
Dari gambar 1.1 bisa di lihat bahwa
website www.shopee.com mempunyai nilai 5 dari 10
pada penilaian menggunakan
tools Page Rank,
maka disimpulkan bahwa www.shopee.com masih mempunyai nilai
rendah. Bisa dikatakan
rendah karena
pagerank mempunyai rentang
antara 1 sampai dengan 10.
Kemudian pada gambar
1.2 perengkingan Alexarank bisa
dilihat bahwa website www.shopee.com mempunyai
rangking 13.053 untuk seluruh dunia dan di korea selatan mempunyai
rangking 1.150. Dari hasil
perengkingan yang dilakukan
alexa rank dan
page rank berdasarkan
jumlah pengunjung tersebut
bisa disimpulkan bahwa website
www.shopee.com masih mempunyai pengunjung
yang sedikit.
Gambar 2.1
google page rank dari www.lazada.com
berdasarkan jumlah pengunjung
Gambar 2.2
Alexa rank dari www.lazada.com berdasarkan
jumlah pengunjung
Dari gambar 2.1 bisa di lihat bahwa
website www.lazada.com mempunyai nilai 5 dari 10
pada penilaian menggunakan
tools Page Rank,
maka disimpulkan bahwa www.lazada.com masih mempunyai nilai
rendah. Bisa dikatakan
rendah karena
pagerank mempunyai rentang
antara 1 sampai dengan 10.
Kemudian pada gambar
2.2 perengkingan Alexarank bisa
dilihat bahwa website www.lazada.com mempunyai
rangking 41.791 untuk seluruh dunia dan di singapura mempunyai rangking 3.206.
Dari hasil perengkingan yang dilakukan
alexa rank dan
page rank berdasarkan
jumlah pengunjung tersebut
bisa disimpulkan bahwa website
www.lazada.com masih mempunyai pengunjung
yang lebih sedikit dibandingkan shopee.
Gambar 3.1
google page rank dari www.olx.com berdasarkan
jumlah pengunjung
Gambar 3.2
Alexa rank dari www.olx.com berdasarkan jumlah
pengunjung
Dari gambar 3.1 bisa di lihat bahwa
website www.olx.com mempunyai nilai 6 dari 10
pada penilaian menggunakan
tools Page Rank,
maka disimpulkan bahwa www.olx.com masih sedikit lebih tinggi
daripada shopee dan lazada. Kemudian
pada gambar 3.2
perengkingan Alexarank bisa dilihat bahwa website www.olx.com mempunyai
rangking 36.354 untuk seluruh dunia dan di angola mempunyai rangking 1.802.
Dari hasil perengkingan yang dilakukan
alexa rank dan
page rank berdasarkan
jumlah pengunjung tersebut
bisa disimpulkan bahwa website
www.olx.com masih mempunyai pengunjung
yang lebih banyak dibandingkan shopee dan Lazada.
Gambar 4.1
google page rank dari www.bukalapak.com
berdasarkan jumlah pengunjung
Gambar 4.2
Alexa rank dari www.bukalapak.com
berdasarkan jumlah pengunjung
Dari gambar 4.1 bisa di lihat bahwa
website www.bukalapak.com mempunyai nilai 8 dari 10
pada penilaian menggunakan
tools Page Rank,
maka disimpulkan bahwa www.bukalapak.com masih lebih tinggi
daripada shopee,Lazada dan OLX. Kemudian
pada gambar 4.2
perengkingan Alexarank bisa dilihat bahwa website www.bukalapak.com mempunyai
rangking 153 untuk seluruh dunia dan di Indonesia mempunyai rangking 7.
Dari hasil perengkingan yang dilakukan
alexa rank dan
page rank berdasarkan
jumlah pengunjung tersebut
bisa disimpulkan bahwa website
www.bukalapak.com mempunyai pengunjung yang sangat banyak.
Gambar 5.1
google page rank dari www.tokopedia.com
berdasarkan jumlah pengunjung
Gambar 5.2
Alexa rank dari www.tokopedia.com
berdasarkan jumlah pengunjung
Dari gambar 5.1 bisa di lihat bahwa
website www.bukalapak.com mempunyai nilai 7 dari 10
pada penilaian menggunakan
tools Page Rank,
maka disimpulkan bahwa www.tokopedia.com masih lebih tinggi
daripada shopee,Lazada dan OLX. Kemudian
pada gambar 5.2
perengkingan Alexarank bisa dilihat bahwa website www.tokopedia.com mempunyai
rangking 123 untuk seluruh dunia dan di Indonesia mempunyai rangking 6.
Dari hasil perengkingan yang dilakukan
alexa rank dan
page rank berdasarkan
jumlah pengunjung tersebut
bisa disimpulkan bahwa website
www.tokopedia.com mempunyai pengunjung yang sangat banyak dibandingkan
dengan shopee,Lazada,OLX dan bukalapak.
KESIMPULAN
website toko
online Tokopedia lebih banyak dikunjungi daripada toko online lain menurut page
rank dan alexa rank sehingga www.tokopedia.com
lebih baik Berdasarkan jumlah pengunjung per
bulannya pada kuartal pertama 2021, Tokopedia saat ini menjadi marketplace nomor satu di Indonesia yakni sebesar 135 juta.
Menurut survei ecommerceIQ,
salah satu alasan banyak konsumen memilih Tokopedia adalah karena beragamnya
pilihan produk yang tersedia.Di Tokopedia sendiri, kategori produk yang paling
banyak dicari adalah produk elektronik, diikuti dengan fashion dan bahan makanan.
Dari sisi penjual, jumlah merchant di
Tokopedia sendiri didominasi oleh UMKM. Untuk mendukung merchant yang
berjualan di marketplace, Tokopedia memiliki beberapa fitur yakni fitur
promosi, broadcast chat, statistik toko,
hingga keuangan dimana pebisnis bisa meminjam modal untuk mengembangkan
usahanya.
DAFTAR RUJUKAN
1.Alexa. 2012. Top sites. Retrieved from
http://www.alexa.com/
[2 September
2012].
2.Page Rank Citation Ranking: Bringing
Order to the Web
Lawrence Page,
Sergey Brin, Rajeev
Motwani und
Terry Winograd, Department of
Computer Science Stanford
University.
3.Page Rank Citation Ranking: Bringing
Order to the Web Lawrence
Page,
Sergey Brin, Rajeev
Motwani und
Terry Winograd Department of
Computer Science Stanford
University.
Komentar
Posting Komentar