MAKALAH ANALISIS 5 TOKO ONLINE

 

ANALISIS WEBSITE TOKO ONLINE SHOPEE, LAZADA, JD.ID, BUKALAPAK DAN TOKOPEDIA

MENURUT “PARA KONSUMEN”

 

RABI ZARI ANDREA

PRODI TEKNIK INFORMATIKA

 

ABSTRAK

Paper ini bertujuan untuk mengetahui hasil analisis toko online berdasarkan para konsumen yang menggunakan website toko online ini. Penelitian ini membandingkan lima website dari lima toko online yaitu website toko online Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak dan Tokopedia. Hasilnya didapatkan bahwa Tokopedia lebih banyak memiliki konsumen dibandingkan dengan website toko online Shopee, Lazada, JD.ID dan Bukalapak.

 

PENDAHULUAN

Dalam mengembangkan suatu website, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar
situs tersebut dapat menarik perhatian pengunjung. Apalagi di zaman modern seperti sekarang ini, dimana internet sudah tidak asing lagi bagi masyarakat, semakin banyak pula situs-situs yang bermunculan dalam dunia internet. Untuk menarik perhatian pengunjung, website yang baik sangat diperlukan. Dengan website yang baik, tidak hanya dapat menarik pengunjung saja, tetapi pengunjung juga dapat merespon tujuan dari website tersebut dan mau mengunjunginya kembali.

Masing ± masing individu maupun sebuah organisasi mempunyai latar belakang yang beranekaragam dalam menggunakan internet sebagai media bisnisnya, namun latar belakang yang lazim umumnya adalah sebagai berikut ini:
a. Kebutuhan transaksi pada umumnya didorong untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Situs E-Commerce digunakan untuk melakukan pengenalan produk dengan jangkauan yang lebih luas, tanpa batasan ruang dan waktu.
b. Kondisi social, Ekonomi, dan Demografi /Lokasi. Diciptakan untuk melayani pasar dengan kondisi demografi / lokasi di wilayah tertentu (boarderless). Dengan adanya E-Commerce penjual lebih mudah untuk mengenalkan berbagai produk dan berbagai penawaran yang menarik. Semakin hari semakin banyak website ± website E-Commerce yang bermunculan, termasuk dalam pembelian buku secara online. Akan tetapi semakin maraknya E-Commerce tidak merubah perilaku masayarakat dalam pencarian produk yang akan dibelinya, mereka lebih suka mencari melalui search engine dengan mengetikkan sebuah kalimat yang familiar bagi mereka ketimbang mengetikkan situs website ± website E-Commerce tersebut kedalam URL pada sebuah browser. Dengan latar belakang tersebut maka dilakukan sebuah penelitian mengenai seberapa sering user (Masyarakat) mengakses sebuah website yang berbasis E-Commers dan seberapa mengenalnya mereka dengan website tersebut yang dimana pada studi kasus website www.tokopedia.com. Website www.tokopedia.com adalah sebuah website E- commerce yang menjual bermacam-macam produk, website tersebut sudah berjalan beberapa tahun ini pada kuartal III di tahun 2020 mengalami penurunan dari segi angka penjualan dan juga jumlah pengunjung website tersebut. Maka dengan adanya permasalahan tersebut kami mencoba menganalisis website tersebut sehingga hasil analisa bisa dijadikan patokan keputusan untuk menaikkan penjualan serta pengunjung.

 

TUJUAN PENELITIAN

Mengetahui seberapa banyaknya masyarakat yang menggunakan website toko online Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak dan Tokopedia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka dari segi banyaknya kunjungan.

 

MANFAAT PENELITIAN

Membantu para konsumen untuk menganalisa sebuah produk kebutuhan yang terdapat di website toko online supaya bisa menjadi lebih baik.

 

RUMUSAN MASALAH

Bagaimana menganalisa untuk mengetahui seberapa mengenalnya masyarakat dengan website toko online Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak dan Tokopedia dari segi pencarian dan juga jumlah pengunjung website tersbut?

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Website toko online yaitu Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak dan Tokopedia merupakan salah website e-commerce yang dimana website tersebut memfasilitasi atau menjual banyak kebutuhan masyarakat. Dengan banyaknya website e-commerce yang menjual kebutuhan masyarakat maka semakin berat juga persaingan antar website tersebut, maka penganalisaan melalui alexarank dan pagerank bisa diketahui sepopuler apakah website Shopee, Lazada, JD.ID, Bukalapak dan Tokopedia tersebut.

 


                         Gambar 1.1 google page rank dari www.shopee.com berdasarkan jumlah pengunjung

 

Gambar 1.2 Alexa rank dari www.shopee.com berdasarkan jumlah pengunjung

 

Dari gambar 1.1 bisa di lihat bahwa website www.shopee.com mempunyai nilai  5 dari 10 pada penilaian menggunakan tools Page Rank, maka disimpulkan bahwa www.shopee.com masih mempunyai nilai rendah. Bisa dikatakan rendah karena pagerank mempunyai rentang antara 1 sampai dengan 10. Kemudian pada gambar 1.2 perengkingan Alexarank bisa dilihat bahwa website www.shopee.com mempunyai rangking 13.053 untuk seluruh dunia dan di korea selatan mempunyai rangking 1.150. Dari hasil perengkingan yang dilakukan alexa rank dan page rank berdasarkan jumlah pengunjung tersebut bisa disimpulkan bahwa website www.shopee.com masih mempunyai pengunjung yang sedikit.

Gambar 2.1 google page rank dari www.lazada.com berdasarkan jumlah pengunjung

Gambar 2.2 Alexa rank dari www.lazada.com berdasarkan jumlah pengunjung

 

Dari gambar 2.1 bisa di lihat bahwa website www.lazada.com mempunyai nilai  5 dari 10 pada penilaian menggunakan tools Page Rank, maka disimpulkan bahwa www.lazada.com masih mempunyai nilai rendah. Bisa dikatakan rendah karena pagerank mempunyai rentang antara 1 sampai dengan 10. Kemudian pada gambar 2.2 perengkingan Alexarank bisa dilihat bahwa website www.lazada.com mempunyai rangking 41.791 untuk seluruh dunia dan di singapura mempunyai rangking 3.206. Dari hasil perengkingan yang dilakukan alexa rank dan page rank berdasarkan jumlah pengunjung tersebut bisa disimpulkan bahwa website www.lazada.com masih mempunyai pengunjung yang lebih sedikit dibandingkan shopee.

 

 

 

Gambar 3.1 google page rank dari www.olx.com berdasarkan jumlah pengunjung

Gambar 3.2 Alexa rank dari www.olx.com berdasarkan jumlah pengunjung

Dari gambar 3.1 bisa di lihat bahwa website www.olx.com mempunyai nilai  6 dari 10 pada penilaian menggunakan tools Page Rank, maka disimpulkan bahwa www.olx.com masih sedikit lebih tinggi daripada shopee dan lazada. Kemudian pada gambar 3.2 perengkingan Alexarank bisa dilihat bahwa website www.olx.com mempunyai rangking 36.354 untuk seluruh dunia dan di angola mempunyai rangking 1.802. Dari hasil perengkingan yang dilakukan alexa rank dan page rank berdasarkan jumlah pengunjung tersebut bisa disimpulkan bahwa website www.olx.com masih mempunyai pengunjung yang lebih banyak dibandingkan shopee dan Lazada.

Gambar 4.1 google page rank dari www.bukalapak.com berdasarkan jumlah pengunjung

Gambar 4.2 Alexa rank dari www.bukalapak.com berdasarkan jumlah pengunjung

Dari gambar 4.1 bisa di lihat bahwa website www.bukalapak.com mempunyai nilai  8 dari 10 pada penilaian menggunakan tools Page Rank, maka disimpulkan bahwa www.bukalapak.com masih lebih tinggi daripada shopee,Lazada dan OLX. Kemudian pada gambar 4.2 perengkingan Alexarank bisa dilihat bahwa website www.bukalapak.com mempunyai rangking 153 untuk seluruh dunia dan di Indonesia mempunyai rangking 7. Dari hasil perengkingan yang dilakukan alexa rank dan page rank berdasarkan jumlah pengunjung tersebut bisa disimpulkan bahwa website www.bukalapak.com mempunyai pengunjung yang sangat banyak.

 

Gambar 5.1 google page rank dari www.tokopedia.com berdasarkan jumlah pengunjung

Gambar 5.2 Alexa rank dari www.tokopedia.com berdasarkan jumlah pengunjung

 

Dari gambar 5.1 bisa di lihat bahwa website www.bukalapak.com mempunyai nilai  7 dari 10 pada penilaian menggunakan tools Page Rank, maka disimpulkan bahwa www.tokopedia.com masih lebih tinggi daripada shopee,Lazada dan OLX. Kemudian pada gambar 5.2 perengkingan Alexarank bisa dilihat bahwa website www.tokopedia.com mempunyai rangking 123 untuk seluruh dunia dan di Indonesia mempunyai rangking 6. Dari hasil perengkingan yang dilakukan alexa rank dan page rank berdasarkan jumlah pengunjung tersebut bisa disimpulkan bahwa website www.tokopedia.com mempunyai pengunjung yang sangat banyak dibandingkan dengan shopee,Lazada,OLX dan bukalapak.

 

KESIMPULAN

website toko online Tokopedia lebih banyak dikunjungi daripada toko online lain menurut page rank dan alexa rank sehingga www.tokopedia.com lebih baik Berdasarkan jumlah pengunjung per bulannya pada kuartal pertama 2021, Tokopedia saat ini menjadi marketplace nomor satu di Indonesia yakni sebesar 135 juta.

Menurut survei ecommerceIQ, salah satu alasan banyak konsumen memilih Tokopedia adalah karena beragamnya pilihan produk yang tersedia.Di Tokopedia sendiri, kategori produk yang paling banyak dicari adalah produk elektronik, diikuti dengan fashion dan bahan makanan.

Dari sisi penjual, jumlah merchant di Tokopedia sendiri didominasi oleh UMKM. Untuk mendukung merchant yang berjualan di marketplace, Tokopedia memiliki beberapa fitur yakni fitur promosi, broadcast chat, statistik toko, hingga keuangan dimana pebisnis bisa meminjam modal untuk mengembangkan usahanya.

 

DAFTAR RUJUKAN

1.Alexa. 2012. Top sites. Retrieved from
http://www.alexa.com/ [2 September
2012].
2.Page Rank Citation Ranking: Bringing
Order to the Web Lawrence Page,
Sergey Brin, Rajeev Motwani und
Terry Winograd, Department of
Computer Science Stanford
University.
3.Page Rank Citation Ranking: Bringing
Order to the Web Lawrence Page,
Sergey Brin, Rajeev Motwani und
Terry Winograd Department of
Computer Science Stanford
University.

 

 

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REGULASI DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA

Perkembangan Bisnis Informatika dari Perusahaan Nasional dan Perusahaan Internasional (Indomaret, Mandiri, Shopee, & Moonton)