Perkembangan Bisnis Informatika dari Perusahaan Nasional dan Perusahaan Internasional (Indomaret, Mandiri, Shopee, & Moonton)

 

Indomaret



                                                      

A.Sejarah

Pada tahun 2013, PT Dyviacom Intrabumi Tbk (DNET), mengakuisisi 3 perusahaan yang bergerak dibidang ritel, yaitu PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (Sari Roti), PT Fastfood Indonesia Tbk (KFC)dan PT Indomarco Prismatama (Indomaret). DNET kemudian berubah nama menjadi PT Indoritel Makmur Internasional Tbk, dan menjadi induk perusahaan bagi ketiganya. Kepemilikan DNET di Indomaret dan sari roti merupakan pemegang saham mayoritas dimana masing-masing memiliki 40% dan 31,5%. Sedangkan di KFC, DNET menjadi pemegang saham terbesar kedua 35,8%.

Per tanggal 26 September 2014, Salim Group (induk usaha Indomaret) melalui kongsi strategis dengan Philadel (Philadel Terra Lestari), telah memiliki 20% saham PT Bank Ina Perdana Tbk (Bank Ina). Philadel berencana menambah kepemilikan saham di Bank Ina hingga 30% untuk mensinergikan sistem kantor tanpa cabang Bank Ina dengan jaringan retail Indomaret. Pada tanggal 24 Agustus 2017, PT XL Axiata Tbk telah mengumumkan bahwa Elevenia, sebuah perusahaan Online Shopping, tak akan lagi menjadi milik perusahaannya. Sehari sebelumnya, juga beredar kabar bahwa mitra XL di Elevenia, SK Planet, juga hengkang. Per paruh kedua 2017, Elevenia memang di bawah Grup Salim (induk usaha Indomaret) lewat PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

 

B.Omset

Perusahaan ritel pemilik toko Indomaret, PT Indomarco Prismatama, menargetkan peningkatan omset penjualan sebesar Rp 42 triliun dibandingkan pada tahun 2014. Angkat tersebut meningkat sebesar 30 persen dibanding tahun lalu yang mendapatkan omset sebesar Rp 32,7 triliun. Salah satu cara meningkatkan omset penjualan Indomarco Prismatama merencanakan untuk menambah toko Indomaret di beberapa wilayah Indonesia sebanyak 1600 toko. Beberapa daerah di wilayah timur Indonesia seperti Banjarmasin, Pontianak dan Manado menjadi target pembukaan toko Indomaret.

Menurut Direktur  Pemasaran Indomarco Prismatama,Wiwiek Yusuf, mengatakan bahwa wilayah timur Indonesia merupakan daerah potensial beberapa waktu terakhir. “Pertumbuhan di daerah itu sudah memenuhi syarat untuk membuka Indomaret. Kami melihat dari pertumbuhan ekonomi dan tingkat kepadatan penduduk di daerah tersebut,” papar Wiwiek.

Saat ini, Indomarco Prismatama memiliki 21 cabang di beberapa wilayah Indonesia. Harga waralaba sendiri, Indomarco Prismatama membanderol harga sebesar Rp 36 juta untuk kontrak selama lima tahun sebagai biaya waralaba. “Harga di setiap daerah sama untuk membuka Indomaret. Namun harga di luar biaya properti,” ungkap Wiwiek.

Selain penambahan toko, Indomarco Prismatama juga melakukan promosi untuk menarik masyarakat berbelanja di toko. “Kami juga melakukan promosi dengan mitra untuk barang-barang yang dijual di toko,” imbuh Wiwiek. (EVA)

 

C.Karakteristik

Indomaret merupakan jaringan minimarket yang menyediakan kebutuhan pokok dan kebutuhan sehari-hari dengan luas penjualan kurang dari 200 M2. Dikelola oleh PT Indomarco Prismatama, cikal bakal pembukaan Indomaret di Kalimantan dan toko pertama dibuka di Ancol, Jakarta Utara, pada tahun 1988.

Tahun 1997 perusahaan mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah Indomaret teruji dengan lebih dari 230 gerai. Pada Mei 2003 Indomaret meraih penghargaan “Perusahaan Waralaba 2003″ dari Presiden Megawati Soekarnoputri.Hingga Mei 2010 Indomaret mencapai 4261 gerai. Dari total itu 2.444 gerai adalah milik sendiri dan sisanya 1.817 gerai waralaba milik masyarakat, yang tersebar di kota-kota di Jabotabek, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jogjakarta, Bali, Lampung dan Medan. Di DKI Jakarta terdapat sekitar 488 gerai.Indomaret mudah ditemukan di daerah perumahan, gedung perkantoran dan fasilitas umum karena penempatan lokasi gerai didasarkan pada motto “mudah dan hemat”.

D.Keunggulan

1.Sangat Mudah dicari dikota-kota besar

2.Memiliki produk dalam negeri dan luar negeri

3.Harga Terjangkau

4.Fasilitas bagus dan bersih

 

 

Mandiri



A.Sejarah

Bank Mandiri didirikan pada 2 Oktober 1998, sebagai bagian dari program restrukturisasi perbankan yang dilaksanakan oleh pemerintah Indonesia. Pada bulan Juli 1999, empat bank pemerintah -- yaitu Bank Bumi Daya, Bank Dagang Negara, Bank Ekspor Impor Indonesia dan Bank Pembangunan Indonesia -- dilebur menjadi Bank Mandiri, dimana masing-masing bank tersebut memiliki peran yang tak terpisahkan dalam pembangunan perekonomian Indonesia. Sampai dengan hari ini, Bank Mandiri meneruskan tradisi selama lebih dari 140 tahun memberikan kontribusi dalam dunia perbankan dan perekonomian Indonesia.

B.Omset

Setelah melalui proses konsolidasi dan integrasi menyeluruh di segala bidang, Bank Mandiri berhasil membangun organisasi bank yang solid dan mengimplementasikan core banking system baru yang terintegrasi menggantikan core banking system dari keempat bank legacy sebelumnya yang saling terpisah. Sejak didirikan, kinerja Bank Mandiri senantiasa mengalami perbaikan terlihat dari laba yang terus meningkat dari Rp1,18 triliun di tahun 2000 hingga mencapai Rp5,3 triliun di tahun 2004. Bank Mandiri melakukan penawaran saham perdana pada 14 Juli 2003 sebesar 20% atau ekuivalen dengan 4 miliar lembar saham.

C.Karakteristik

Berdasarkan penelitian yang dilakukan Nyayu Ade Ilmiyanti, dalam skripsinya yang berjudul ‘Penggunaan Media Internal dan Pemenuhan Kebutuhan Informasi (Studi Korelasi Penggunaan Majalah Mandiri dengan Pemenuhan Kebutuhan Informasi Perusahaan di Kalangan Karyawan PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. Cabang Solo Sriwedari Tahun 2010)’ disimpulkan bahwa :

·  Terdapat hubungan antara penggunaan majalah Mandiri dengan terpenuhinya kebutuhan informasi mengenai perusahaan pada responden. Semakin sering responden menggunakan majalah Mandiri sebagai media informasinya maka akan semakin tinggi rasa terpenuhi akan kebutuhan informasi responden mengenai perusahaan.

·      Penilaian karyawan terhadap majalah internal Mandiri secara garis besar adalah positif. Sebagian besar responden setuju terhadap format media dan pengemasan informasi majalah Mandiri yang selama ini telah terbit. Namun dari dimensi distribusi, responden merasa bahwa penerbitan majalah Mandiri masih tidak tepat waktu dan pendistribusiannya pun masih suka terlambat. Sedangkan dari dimensi isi media, menurut responden, majalah Mandiri bersifat informatif dan edukatif, namun kurang menghibur. Pada setiap terbitan majalah Mandiri , rubrik seperti produk dan jasa, dari cabang, info terkini, antar kita, message from the board, telah disajikan dengan baik. Namun responden tidak terlalu tertarik dengan rubrik sorot, antar SBU, kolom. Karena menurut responden, informasi tersebut tidak begitu dibutuhkan. Sedangkan responden memiliki penilaian negatif terhadap rubrik seperti tunjangan, jenjang karir, cara naik ke jenjang karir yang lebih tinggi, laba perusahaan. Hal ini terjadi karena informasi tersebut tidak disajikan dan tidak ditemukan di dalam majalah Mandiri secara rutin.

 

D.keunggulan

1. membangun keunggulan di bidang teknologi informasi (TI) yang andal dan aman untuk mendukung informasi produk dalam rangka memenuhi kebutuhan nasabah

2. menjalankan program yang dapat meningkatkan kualitas SDM, baik dari segi kapabilitas maupun engagement

 

 

 

 Shopee



 

A.Sejarah

Pada tahun 2015, Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura. Shopee pertama kali meluncur sebagai marketplace consumer to consumer (C2C). Namun kini mereka telah beralih ke model hibrid C2C dan business to consumer (B2C) semenjak meluncurkan Shopee Mall yang merupakan platform toko daring untuk brand ternama

Pada tahun 2017, platform ini mencatat 80 juta unduhan aplikasi dengan lebih dari empat juta penjual dan lebih dari 180 juta produk aktif. Pada kuartal keempat tahun 2017, Shopee melaporkan nilai perdagangan bruto (GMV) sebesar US$1,6 miliar, naik 206 persen dari tahun sebelumnya. Shopee memiliki nilai total GMV pada tahun 2018 sebesar US$2,7 miliar, naik 153 persen dari tahun 2017.

Di Malaysia, Shopee menjadi portal perdagangan elektronik ke-3 yang paling banyak dikunjungi di Q4 2017, menggantikan Lelong dan melampaui peringkat Lazada sebagai aplikasi terbaik di Google Play dan iOS App store.

Demikian pula di kalangan konsumen di Indonesia, survei yang dilakukan pada bulan Desember 2017 oleh TheAsianParent mengungkapkan bahwa Shopee adalah platform belanja pilihan pertama bagi para ibu di Indonesia (73%), diikuti oleh Tokopedia (54%), Lazada (51%), dan Instagram (50 %).Pada April 2020, Shopee Indonesia mulai mempromosikan penjualan makanan siap saji di platform Shopee untuk menjadi pemain ketiga yang bersaing dengan Gofood dan GrabFood. Program yang diberi nama ShopeeFOOD ini telah merekrut lebih dari 500 penjual makanan di wilayah Jakarta.

B.Omset

Shopee menjadi platform belanja daring teratas di Indonesia pada paruh pertama 2021, sejak Januari hingga pertengahan tahun, dilihat dari jumlah total unduhan app dan total pengguna aktif bulanan berdasarkan hasil riset perusahaan periset pasar aplikasi mobile App Annie.
Pekan lalu, riset iPrice mengungkapkan dalam laporan Q2-2021 bahwa Shopee termasuk yang terdepan dalam segi jumlah pengunjung situs web. Shopee memiliki dengan 126,99 juta pengunjung web per bulan. Shopee ada di posisi kedua setelah Tokopedia yang rata-rata dikunjungi 147,79 juta pengunjung website per bulan.

daring teratas di Indonesia pada paruh pertama 2021, sejak Januari hingga pertengahan tahun, dilihat dari jumlah total unduhan app dan total pengguna aktif bulanan berdasarkan hasil riset perusahaan periset pasar aplikasi mobile App Annie.

Pekan lalu, riset iPrice mengungkapkan dalam laporan Q2-2021 bahwa Shopee termasuk yang terdepan dalam segi jumlah pengunjung situs web. Shopee memiliki dengan 126,99 juta pengunjung web per bulan. Shopee ada di posisi kedua setelah Tokopedia yang rata-rata dikunjungi 147,79 juta pengunjung website per bulan.

Namun, apakah pengunjung web di Indonesia masih banyak? Berdasarkan data GlobalWebIndex (GWI) per Kuartal III-2020, 78,2 persen pengguna internet usia 16-64 tahun memakai aplikasi belanja online melalui ponsel atau tabletnya untuk bertransaksi e-commerce. Yang masih “jadul” dengan bertransaksi di e-commerce dari situs web hanya sekitar 22 persen.

Merujuk pada data SimilarWeb, Rabu (5/10), dan melihat tingkat kunjungan aplikasi selama bulan Agustus 2021, ternyata ada 26,92 juta pengguna aplikasi aktif harian (unique daily actives users/DAU) Shopee yang mengakses dari perangkat mobile Android di Indonesia.

Jika ditambahkan dengan jumlah 31 hari pada Agustus, unique DAU di Shopee Indonesia dalam platform SimilarWeb tersebut setara dengan jumlah kunjungan bulanan sebanyak 834.520.000 kunjungan.

Dengan asumsi tingkat kunjungan web iPrice per Juni masih sama hingga Agustus, maka Shopee mencetak kunjungan rata-rata 961,51 juta kunjungan, dari web (126,99 juta) dan app (834,52 juta).

 

C.Karakteristik

Shopee sendiri adalah salah satu anak perusahaan dari SEA Group yang dulu dikenal dengan Garena. Shopee di Indonesia resmi didirikan pada tahun 2015 dengan nama PT Shopee Internasional Indonesia dan SEA Group sebagai kantor pusat yang berada di Singapura.Dipimpin oleh Chris Feng, seseorang yang pernah menjadi pengiat Rocket Internet yang mengepalai Lazada dan Zalora.Perusahaan ini tidak hanya berada di Indonesia atau Singapura, Shopee memiliki jangkauan pengguna yang sangat luas seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, Filipina, China, Taiwan, bahkan hingga ke Brazil.

Anda bisa mengakses Shopee dengan beberapa cara yaitu melalui aplikasinya yang bisa diunduh di Play Store atau Apps Store atau melalui website Shopee Indonesia. Sejak resmi berdiri 5 Juni 2015, Shopee menjadi platform belanja online yang disesuaikan dengan setiap wilayah, menyediakan pengalaman belanja online dengan cepat, aman, dan mudah.

Shopee percaya kegiatan belanja online harus mudah, menyenangkan, dan terjangkau bagi pelanggan melalui dukungan pembayaran dan logistik yang kuat.Shopee hadir sebagai tempat belanja online yang menawarkan berbagai macam jenis produk dan hadir dalam bentuk aplikasi mobile untuk memudahkan pengguna.

Dengan hadirnya marketplace ini, memberikan pengalaman belanja baru yang memfasilitasi penjual serta membekali pembeli melalui proses pembayaran yang aman dan pengaturan logistik yang terintergrasi.Awalnya, Shopee perusahaan dengan mengambil jenis e-commerce C2C Customer to Customer, lalu mengalami peralihan pada tahun 2017 menjadi Business to Consumer atau B2B sejak meluncurkan Shopee Mall.

Bertindak sebagai tempat belanja online untuk toko atau distributor resmi. Saat ini, jumlah unduhan aplikasi sudah mencapai sekitar 50 jutaan di Google Play Store.Di tahun 2015 juga Shopee mengadakan sesi sharing tentang bisnis online yang dilaksanakan di Taiwan dan iikuti oleh lebih dari 70.000 pelaku bisnis dari berbagai macam pasar.

Perkembangannya yang sangat cepat membuat Shopee dalam 3 tahun berhasil meraih Gross Merchandise Value (GMV) sebesar 10 miliar USD dengan lebih dari 600 juta transaksi pada platformnya.Pada sebuah perusahaan, manajemen organisasi yang baik menjadi faktor yang bisa melandasi kesuksesan sebuah perusahaan seperti pada struktur organisasi perusahaan Shopee.Adanya struktur yang jelas akan mempermudah operasional perusahaan karena bisa untuk mendefinisikan peran dan tanggung jawabnya dengen lebih jelas.

 

D.Keunggulan

1. Lebih praktis untuk membeli kebutuhan rumah tangga

2. Banyak voucher diskon sehingga barang lebih murah

3.Ada gratis ongkir sehingga pembeli hanya membayar harga baangnya saja

4.Bisa berbelanja dimana aja tanpa perantara langsung

 

 

 

Moonton



A.Sejarah

Moonton didirikan pada bulan April 2014 di Distrik Minhang, Shanghai, Tiongkok oleh Justin Yuan dan Watson Xu Zhenhua, yang saat ini sama-sama menjadi CEO Moonton. Pada tanggal 6 April 2015, perusahaan ini meluncurkan permainan video pertamanya, yakni permainan pertahanan menara berjudul Magic Rush: Heroes. Setelah selesai mengembangkan permainan video tersebut, Moonton mengembangkan sebuah permainan multiplayer online battle arena (MOBA) yang kemudian diberi nama Mobile Legends.

Mobile Legends diluncurkan secara beta di Brazil oleh Moonton dengan subjudul "5v5 MOBA" pada tanggal 14 Juli 2016, dan kemudian diluncurkan secara global pada bulan November 2016 (kecuali di Tiongkok). Mobile Legends pun sangat populer di Asia Tenggara, terutama di Indonesia, Malaysia, dan Filipina, di mana permainan ini menjadi permainan gratis yang paling banyak diunduh oleh pengguna iPhone pada tahun 2017. Permainan ini didistribusikan oleh Elex Tech di Amerika Serikat.

Setelah diluncurkan, Riot Games menduga bahwa Mobile Legends meniru kekayaan intelektual dari League of Legends, dan meminta Google untuk menghapus permainan tersebut dari Google Play serta App Store. Moonton lalu menghapus permainan tersebut sebelum Google menghapusnya, dan kemudian meluncurkannya kembali dengan nama Mobile Legends: Bang Bang pada tanggal 9 November 2016.

Pada bulan Juli 2017, Riot Games mengajukan tuntutan kepada Moonton atas tuduhan pelanggaran hak cipta, karena ada kemiripan antara Magic Rush dan Mobile Legends dengan League of Legends. Tuntutan tersebut akhirnya ditolak oleh Pengadilan Distrik Califoria Tengah dengan alasan forum non conveniens.

Kemudian, Tencent, induk Riot Games, mengajukan tuntutan baru yang ditujukan kepada CEO Moonton, Watson Xu Zhenhua (yang sebelumnya bekerja di Tencent sebagai salah satu pegawai senior) di Pengadilan Menengah Rakyat Shanghai No.1, atas tuduhan melanggar hukum yang terkait dengan Perjanjian Non-Kompetisi. Pengadilan kemudian mengabulkan tuntutan Tencent pada bulan Juli 2018, dan Tencent pun mendapat ganti rugi sebesar US$2,9 juta (RMB19,4 juta).

Pada tanggal 22 Maret 2021, pengembang TikTok, BABE, Resso dan Lark, ByteDance mengumumkan bahwa mereka telah mengakuisisi Moonton melalui anak usahanya, Nuverse dengan harga diperkirakan sekitar $4 milyar. Tencent diberitakan juga mengajukan tawaran untuk mengakuisisi Moonton, namun akhirnya dikalahkan oleh ByteDance.

 

B.Karakteristik

Moonton ternyata cuma punya satu game yaitu Mobile Legends: Bang Bang. Hal ini tentu berbeda dengan trend di kalangan para developer game yang umumnya memiliki beberapa permainan yang dikembangkan. Tampaknya Moonton hanya ingin berfokus pada satu saja dibandingkan fokus pada banyak game.

Mobile Legends Bukan 100 Persen Bikinan Moonton

Selain itu, Mobile Legends ternyata bukan 100 persen ciptaan Moonton. Buktinya lisensi engine game Mobile Legends rupanya dibeli dari Tencent. Mobile Legends memiliki engine yang sama dengan game King of Glory besutan Tencent, yang sekarang dirilis secara internasional dengan nama Arena of Valor.

Jadi, tidak mengherankan jika Mobile Legends dan Arena of Valor memiliki beberapa kemiripan. Bisa dibilang kedua game ini bersaudara karena memiliki Engine yang sama.

Game Mobile Legends Pernah Dihapus

Punya game Mobile Legends tak serta merta membuat Moonton jauh dari masalah. Ternyata developer ini pernah berurusan dengan Riot Games, selaku developer dari League of Legends.

Pada tuntutan pertama ini, Riot Games menuntut Moonton untuk menghapus game Mobile Legends: 5VS5 MOBA. Pihak Moonton pun sempat menghapus Mobile Legends dari playstore. Selang beberapa saat, barulah Moonton kembali merilis Mobile Legends dengan nama Mobile Legends: Bang Bang.

 

C.Keunggulan

1.Dapat dimainkan dimana saja

2.Gamenya berbasis online

3.Memiliki skin yang bagus

4.Bisa masuk E-Sport apabila mencapai tier tertinggi

 

REFERENSI

https://id.wikipedia.org/wiki/Indomaret#:~:text=Indomaret%20merupakan%20salah%20satu%20anak%20perusahaan%20Salim%20Group.,20%20Juni%201988%2C%20dikelola%20oleh%20PT%20Indomarco%20Prismatama.

https://swa.co.id/swa/trends/management/jurus-indomaret-capai-target-omset-rp-42-triliun

https://ibalaja36.wordpress.com/2012/10/20/profil-perusahaan-indomaret/

https://www.bankmandiri.co.id/profil-perusahaan

https://swa.co.id/business-champions/companies/companies-good-corporate-governance/bank-mandiri-membangun-keunggulan-bersaing-dalam-kerangka-gcg#:~:text=Proses%20membangun%20keunggulan%20bersaing%20Bank%20Mandiri%20terdiri%20dari,kualitas%20SDM%2C%20baik%20dari%20segi%20kapabilitas%20maupun%20engagement.

https://id.wikipedia.org/wiki/Shopee

https://id.berita.yahoo.com/shopee-e-commerce-peringkat-teratas-043138823.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Moonton#:~:text=Moonton%20didirikan%20pada%20bulan%20April%202014%20di%20Distrik,yakni%20permainan%20pertahanan%20menara%20berjudul%20Magic%20Rush%3A%20Heroes.

https://www.minews.id/gaya-hidup/fakta-menarik-tentang-moonton-pengelola-mobile-legends-bang-bang

 

 

 

 

 

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

REGULASI DAN PROSEDUR PENGADAAN BARANG DAN JASA